PENGARUH PROMOSI, INOVASI PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FORE COFFEE TUNJUNGAN PLAZA 3

Penulis

  • Nicholas Revy Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Anindhyta Budiarti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/jimbis.v3i3.6860

Kata Kunci:

promosi, inovasi produk, kualitas pelayanan, keputusan pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh promosi, inovasi produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Fore Coffee Surabaya. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan pembelian pada Fore Coffee Surabaya sebanyak 3 kali. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen Fore Coffee Surabaya yang pernah melakukan pembelian sebanyak 3 kali. Berdasarkan rumus Lemeshow didapatkan jumlah sampel sebanyak 98 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan subyektif yang dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 29. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji t), didapatkan hasil Promosi (PR) dan Inovasi Produk (IP) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Fore Coffee Surabaya, sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian (KPM) pada Fore Coffee Surabaya. Dari hasil uji koefisien determinasi (R2) didapatkan nilai sebesar 0,793. Hal ini menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian yang dapat dijelaskan oleh promosi, inovasi produk dan kualitas pelayanan sebesar 79,3%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh 1 faktor lain yang diluar dari penelitian ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-30

Terbitan

Bagian

Articles