https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/issue/feed Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) 2024-03-21T10:08:21+07:00 Muftiyatul Azizah [email protected] Open Journal Systems <p>JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS (JIMBis) diterbitkan oleh <a href="https://stiesia.ac.id/">Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya</a> dengan frekuensi terbit empat kali dalam setahun yaitu setiap Februari, Mei, Agustus dan November. Tujuan dari berdirinya jurnal JIMBis adalah untuk memfasilitasi para ilmuan, peneliti dan praktisi bisnis agar dapat menyebar luaskan hasil penelitian atau usulan artikel yang asli yang mengedepankan kebaruan, sehingga bermanfaat bagi para pembacanya. Jurnal JIMBis mencakup bidang ilmu Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Rantai Pasok, Manajemen Sistem Informasi, Kewirausahaan, Manajemen MUKM, Inovasi Bisnis. Jurnal ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS (JIMBis) terdaftar dengan nomor <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220715300960800">e-ISSN 2962-6331</a></p> https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/article/view/6075 IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PADA KOPIXEL JEMBER 2024-01-30T10:26:00+07:00 Muhammad Taufiqurrochman [email protected] Wheny Khristianto [email protected] Edy Wahyudi [email protected] <p>Kopixel merupakan salah satu cafe yang ada di Kabupaten Jember dan beralamat di Jalan Sumatra No. 101a, Tegal Boto Lor, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Persaingan yang ketat dan banyak munculnya café yang baru menimbulkan pertanyaan bagi peneliti bagaimana implementasi bauran pemasaran yang digunakan Kopixel agar mampu bertahan dan bersaing dalam dunia pemasaran yang semakin pesat. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengimplementasikan bauran pemasaran yang ditinjau dari aspek bauran pemasaran pada Kopixel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kopixel menerapkan strategi bauran pemasaran 7P yang meliputi product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Café ini menjual 67 jenis pilihan minuman dengan berbagai rasa dan 10 pilihan makanan. Kopixel menentuan harga melalui pengamatan harga pasar yang disesuaikan dengan segmentasi pasar dan berdasarkan tingkat strategis lokasi. Strategi promosi yang dilakukan menggunakan strategi word of mouth, direct marketing dan media sosial. Kopixel dapat menerapkan usahanya hingga saat ini karena dapat menerapkan aspek strategi bauran pemasaran serta terus melakukan inovasi-inovasi agar usahanya tersebut dapat berkembang dan bertahan.</p> 2024-02-15T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/article/view/6400 PENGARUH KINERJA DAN KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BRI SURABAYA 2024-01-31T10:09:52+07:00 Antonius Satria Widyananta [email protected] Sulistyo Budi Utomo [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kinerja dan kualitas pelayanan customer service terhadap loyalitas nasabah pada BRI Unit Pogot Surabaya. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kinerja dan kualitas pelayanan. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah loyalitas nasabah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian ini populasi bersifat tidak terbatas (infinite population). Populasi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah nasabah BRI unit Pogot Surabaya. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampel non probabilitas. Salah satu teknik non probability sampling yang digunakan oleh peneliti adalah incidental sampling. Pengumpulan data digunakan dengan penyebaran kuesioner pada nasabah aktif transaksi di customer service BRI unit Pogot pada periode Agustus-September 2023. Metode analisis yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.</p> 2024-02-21T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/article/view/6170 HUBUNGAN PENGGUNAAN QRIS DENGAN PENGEMBANGAN EKONOMI DIGITAL UMKM DI KMGD JOMBANG 2024-03-04T11:03:41+07:00 Peni Haryanti [email protected] <p>Financial technology bukan hal baru di kalangan masyarakat Indonesia, mayoritas masyarakat telah merasakan manfaat dari layanan fintech. Tidak hanya masyarakat perkotaan yang memanfaatkan layanan ini namun di seluruh kawasan Indonesia mulai melakukan adaptasi terkait alternatif layanan fintech. UMKM merupakan salah satu penggerak berkembangnya layanan fintech hal ini juga didukung dengan adanya Kode QR melalui layanan Quick Response Code Indonesian (QRIS) yang mempermudah transaksi pembayaran untuk pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara QRIS dengan pengembangan ekonomi digital bagi pelaku UMKM di Kawasan Makam Religi Gusdur (KMGD) Tebuireng Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian lapangan merupakan salah satu jenis penelitian yang dipilih oleh peneliti, peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian guna mendapatkan data yang diinginkan. Peneliti melakukan survei dan wawancara terhadap pemilik UMKM yang berjumlah 6 orang, wisatawan berjumlah 6 orang, dan pengelola UPT Parkiran Makam Gusdur maupun pengelola makam yaitu Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Hasil dari peneltian ini didapatkan bahwa adanya hubungan antara penggunaan QRIS dengan pengembangan ekonomi digital bagi pelaku UMKM di KMGD.</p> 2024-02-28T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/article/view/6238 ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, HARAPAN PELANGGAN, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN 2024-02-20T10:38:28+07:00 Dian Arisanti [email protected] Lutfiani Nur Cahyani [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harapan pelanggan dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Andalan Pasifik Samudra. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasinya adalah pelanggan PT Andalan Pasifik Samudra berjumlah 30 responden yaitu pelanggan yang menggunakan jasa PT Andalan Pasifik Samudra. Teknik pengambilan sampel yang dipakai oleh peneliti adalah sampling jenuh, berjumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sebelum data dianalisis, kualitas data diuji dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif responden, dengan memberikan gambaran menyeluruh terhadap deskripsi responden pada PT Andalan Pasifik Samudra. Variabel harapan pelanggan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan bukan merupakan faktor utama dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal tersebut menunjukkan kualitas pelayanan bukan merupakan faktor utama dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Variabel citra perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hipotesis yang menyatakan bahwa diduga berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan adalah benar dan dapat diterima. Hasil olah data menunjukkan item kuesioner bersifat valid dan semua variabel bersifat reliable.</p> 2024-02-28T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/article/view/6510 STRATEGI MEMBANGUN E-BANKING, EXPERIENTIAL MARKETING, CUSTOMER VALUE UNTUK KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH BNI 46 2024-03-21T10:08:21+07:00 Chitra Laksmi Rithmaya [email protected] <p>Untuk memenangkan persaingan antar bank yang ada saat ini, masing-masing bank berusaha untuk selalu meningkatkan layanannya, antara lain adalah dengan penggunaan e-banking yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransasi kepada nasabahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi e-banking, experiential marketing, dan customer value terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah BNI 46 Syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BNI 46 Syariah di Kota Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 300 nasabah yang telah menabung di BNI Syariah minimal lima tahun. Untuk menguji keenam hipotesis tersebut digunakan analisis jalur dalam penelitian ini. Variabel eksogen dalam penelitian ini menggunakan layanan e-banking, experiential marketing, serta nilai pelanggan. Variabel intervening adalah kepuasan pelanggan. Variabel endogen adalah loyalitas pelanggan. Kesimpulan dari hasil akhir penelitian adalah: (1) Layanan E-banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah; (2) Experiential marketing mempengaruhi kepuasan pelanggan; (3) Nilai pelanggan mempengaruhi kepuasan pelanggan; (4) layanan e-banking mempengaruhi loyalitas nasabah; (5) nilai pelanggan mempengaruhi loyalitas pelanggan; (6) kepuasan pelanggan mempengaruhi loyalitas pelanggan.</p> 2024-02-28T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis)