Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis <p>JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS (JIMBis) diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya dengan frekuensi terbit empat kali dalam setahun yaitu setiap Februari, Mei, Agustus dan November. Tujuan dari berdirinya jurnal JIMBis adalah untuk memfasilitasi para ilmuan, peneliti dan praktisi bisnis agar dapat menyebar luaskan hasil penelitian atau usulan artikel yang asli yang mengedepankan kebaruan, sehingga bermanfaat bagi para pembacanya. Jurnal JIMBis mencakup bidang ilmu Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Rantai Pasok, Manajemen Sistem Informasi, Kewirausahaan, Manajemen MUKM, Inovasi Bisnis.</p> id-ID muftiyatulazizah@stiesia.ac.id (Muftiyatul Azizah) jimbis@stiesia.ac.id (Muftiyatul Azizah) Thu, 24 Nov 2022 11:22:51 +0700 OJS 3.2.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI, BEBAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/article/view/5361 <p>Sumber daya manusia adalah aset penting yang harus dimiliki suatu organisasi agar dapat berjalan dengan semestinya dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan, untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan harus menjaga kepuasan kerja karyawan karena berkaitan erat dengan kualitas hidup karyawan maupun organisasi dengan melihat kehidupan karyawan yang banyak dihabiskan dilingkungan kerja selain itu komunikasi organisasi, beban kerja dan kompensasi dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi organisasi, beban kerja, dan kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan di PT. Perkebunan Nusantara IX Kaligua. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Perkebunan Nusantara IX Kaligua. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan cara menyebar kuisioner kepada para responden. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 167 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan <em>probability sampling</em> dengan metode <em>simple random sampling</em>. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS V.22. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa komunikasi organisasi, beban kerja dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan di PT. Perkebunan Nusantara IX Kaligua.</p> Susy Islamiyati, Qori Al Banin Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/article/view/5361 Thu, 24 Nov 2022 00:00:00 +0700 EFEKTIFITAS KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN BAGI NASABAH BANK PADA MASA PANDEMI https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/article/view/5468 <p><a name="_Toc111173486"></a></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengamatan terhadap kualitas layanan Bank Central Asia di Sidoarjo yang berkaitan dengan efektifitas dari kualitas layanan terhadap nasabah selama periode pandemi. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada nasabah dan telah diisi oleh sebanyak empat puluh lima responden dengan memberikan skala terendah satu sampai dengan skala tertinggi lima. Hasil penelitian diskriptive ini menyatakan bahwa aspek kualitas pelayanan yang diberikan melalui unsur-unsur diantaranya <em>tangible, reability, responsiveness, assuranc</em><em>e</em> dan <em>emphaty</em> yang diberikan oleh responden kepada kualitas layanan dari Bank Central Asia Sidoarjo selama masa pandemi Covid 19 sangat memuaskan dengan skor rata-rata di atas empat untuk keempat indikator di atas. Skor tertinggi ada pada layanan fisik dan <em>emphaty</em> dengan skor 4.67. Implikasi dari studi ini adalah bahwa kualitas layanan yang memuaskan dapat meningkatkan citra bank dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan yang efektif serta memberikan fasilitas yang terjamin di masa pendemi dengan cara tetap menerapkan protokol kesehatan dan kenyamanan dalam bertransaksi.</p> Anggraeni, Talia Angelin Anggoda Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/article/view/5468 Mon, 28 Nov 2022 00:00:00 +0700 PEMASARAN PRODUK E-CHANNEL DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA BANK JATIM KARANGGENENG LAMONGAN https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/article/view/5487 <p>Persaingan bisnis perbankan yang semakin ketat telah mendorong instansi bank untuk semaksimal mungkin dalam memberi pelayanan prima melebih harapan nasabah. Produk <em>E-Channel</em> merupakan produk layanan berbasis media elektronik. <em>E-Channel</em> hadir dengan tujuan meminimalisir transaksi secara tatap muka sesuai kebijakan pemerintah negara Indonesia terkait dengan pembatasan sosial selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk <em>E-Channel</em> pada masa pandemi di Bank Jatim Kantor Cabang Pembantu Karanggeneng Lamongan. Pendekatan penelitian secara deskriptif kualitatif dengan beberapa metode dalam penghimpunan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa produk <em>E-Channel</em> yang dimiliki oleh Bank Jatim Kantor Cabang Pembantu Karanggeneng Lamongan yaitu <em>ATM, Mobile Banking, SMS Banking, Internet Banking</em>, Kartu Flazz Bank Jatim, Kartu PNS Elektronik, E-Samsat Jatim, Bank Jatim <em>Virtual Account</em>. Strategi pemasaran produk <em>E-Channel</em> pada masa pandemi adalah dengan pemasaran melalui sosial media, melakukan edukasi dan sosialisasi produk melalui <em>live </em><em>zoom meeting</em>, pertemuan secara langsung dengan nasabah, melakukan simulasi layanan atau <em>roleplay</em> secara rutin. Penerapan strategi pemasaran berdampak pada peningkatan jumlah pengguna <em>E-channel</em> Bank Jatim di masa pandemi Covid-19.</p> Niken Inka Agnesia, Herwin Ardianto Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis) https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/article/view/5487 Tue, 29 Nov 2022 00:00:00 +0700