ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL PADA PERUSAHAAN STARTUP HALO JASA DALAM MEMBENTUK BUDAYA ORGANISASI
DOI:
https://doi.org/10.24034/jimbis.v3i3.6758Kata Kunci:
gaya komunikasi internal, budaya organisasi, inovasi bisnisAbstrak
Komunikasi internal organisasi dapat memengaruhi budaya organisasi dimana budaya organisasi ini dianggap dapat mendorong inovasi bisnis. Saat ini perkembangan startup sangat menjamur di Indonesia. Perkembangan yang pesat ini diikuti dengan ketertarikan anak muda untuk bekerja di startup menimbang budaya kerja yang lebih cair dan fleksibel dibanding perusahaan korporasi. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana gaya komunikasi internal di perusahaan Halo Jasa dan bagaimana hal tersebut dapat membentuk budaya organisasi serta efektivitasnya dalam mendorong inovasi bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan observasi. Hasil dari penelitian ini yakni komunikasi organisasi pada startup cenderung lebih fleksibel karena struktur birokrasinya tidak rumit. Halo Jasa menerapkan gaya komunikasi transparan yang mendorong keterbukaan bagi seluruh karyawan dari berbagai tingkatan manajemen. Halo Jasa menilai budaya organisasi merupakan identitas sebuah perusahaan. Budaya yang baik membantu perusahaan meningkatkan produktivitas tim mereka, yang berkontribusi terhadap kesuksesan berkelanjutan perusahaan mereka. Halo Jasa menerapkan gaya komunikasi transparan untuk mendorong keterbukaan terhadap seluruh karyawan, sehingga dapat membantu terciptanya budaya organisasi yang positif dan suportif.