PERAN SISTEM INFORMASI DALAM IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Penulis

  • Nur Fatimatuz Zuhroh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Fastha Aulia Pradhani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/jimbis.v3i2.6690

Kata Kunci:

sistem informasi, sistem informasi manajemen, pemasaran digital

Abstrak

Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu melakukan kajian dan temuan terhadap isu yang berkembang saat ini pada peran sistem informasi bagi implementasi digital marketing. Adopsi teknologi membuat banyaknya peralihan atau tranformasi digital. Salah satu bentuk transformasi digital dalam bidang pemasaran yaitu dengan adanya adopsi teknologi pada digital marketing. Metode kajian literatur sistematis (SLR) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu menyeleksi jurnal, melakukan screening dan inklusi jurnal, melakukan koding data berdasarkan kata kunci, ekstrasi data, dan tahap terakhir yaitu melakukan analisis dari seluruh jurnal terpilih. Seleksi jurnal yang dilakukan dalam penelitian ini berasal dari database jurnal internasional dan nasional yaitu Elsevier, IEEE, dll dengan pencarian di tahun 2020 hingga 2024 sebanyak 1477 jurnal yang didapat kemudian dilakukan pengkategorian kriteria inklusi dan eksklusi dan didapatkan total 15 jurnal final yang dilakukan analisa lebih lanjut dalam melakukan SLR. Hasil menunjukkan bahwa implementasi digital marketing banyak diadopsi dengan berkembangan teknologi baru seperti artificial intelligent dan machine learning serta fokus penelitian masih banyak dalam bentuk penilaian dan literatur terhadap digital marketing. Dari sisi keamanan dan pengembangan model pada implementasi digital marketing masih jarang dilakukan sehingga hal ini dapat menjadi rekomendasi bagi peneliti di masa depan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-30

Terbitan

Bagian

Articles