PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK, KEDISIPLINAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA AL ISLAM KRIAN

Penulis

  • Ling Samudra Ummat Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Firza Fahriza Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Misbachul Munir Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/jimbis.v3i3.6689

Kata Kunci:

motivasi intrinsik, kedisiplinan belajar, lingkungan belajar, hasil belajar

Abstrak

Pendidikan memiliki andil yang penting saat menetapkan cepat atau lambatnya pengembangan di bidang pengembangan sumber daya manusia. Makin maju tingkatan pembangunan suatu negara salah satunya dicirikan oleh majunya pembangunan di sektor pendidikan. Menurut asesmen nasional (2021), lingkungan belajar yang tidak mendukung berdampak menjadi masalah pendidikan di Indonesia yaitu keterampilan literasi yang rendah, kemampuan numerasi yang rendah dan kurangnya minat belajar bagi siswa. Tujuan penelitian ini melihat seberapa berpengaruhnya motivasi intrinsik secara parsial pada hasil belajar, pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar secara parsial, dan melihat seberapa berpengaruhnya lingkungan belajar terhadap hasil belajar secara parsial. Penelitian ini juga menguji pengaruh motivasi intrinsik, kedisiplinan belajar, dan lingkungan belajar secara bersama-sama dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi yang berasal dari dalam diri (intrinsik) memiliki pengaruh yang signifikan pada hasil belajar secara parsial. Kedisiplinan juga memiliki pengaruh yang signifikan pada hasil belajar secara parsial. Begitu pula dengan lingkungan belajar, yang juga berpengaruh secara signifikan secara parsial terhadap hasil belajar. Secara keseluruhan motivasi intrinsik, kedisiplinan belajar, dan lingkungan belajar memiliki pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-02

Terbitan

Bagian

Articles