PENGARUH KINERJA DAN KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BRI SURABAYA

Penulis

  • Antonius Satria Widyananta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Sulistyo Budi Utomo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/jimbis.v3i1.6400

Kata Kunci:

Kinerja, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kinerja dan kualitas pelayanan customer service terhadap loyalitas nasabah pada BRI Unit Pogot Surabaya. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kinerja dan kualitas pelayanan. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah loyalitas nasabah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian ini populasi bersifat tidak terbatas (infinite population). Populasi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah nasabah BRI unit Pogot Surabaya. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampel non probabilitas. Salah satu teknik non probability sampling yang digunakan oleh peneliti adalah incidental sampling. Pengumpulan data digunakan dengan penyebaran kuesioner pada nasabah aktif transaksi di customer service BRI unit Pogot pada periode Agustus-September 2023. Metode analisis yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-21

Terbitan

Bagian

Articles