IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PADA KOPIXEL JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.24034/jimbis.v3i1.6075Kata Kunci:
Marketing mix, Strategi Pemasaran, UMKMAbstrak
Kopixel merupakan salah satu cafe yang ada di Kabupaten Jember dan beralamat di Jalan Sumatra No. 101a, Tegal Boto Lor, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Persaingan yang ketat dan banyak munculnya café yang baru menimbulkan pertanyaan bagi peneliti bagaimana implementasi bauran pemasaran yang digunakan Kopixel agar mampu bertahan dan bersaing dalam dunia pemasaran yang semakin pesat. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengimplementasikan bauran pemasaran yang ditinjau dari aspek bauran pemasaran pada Kopixel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kopixel menerapkan strategi bauran pemasaran 7P yang meliputi product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Café ini menjual 67 jenis pilihan minuman dengan berbagai rasa dan 10 pilihan makanan. Kopixel menentuan harga melalui pengamatan harga pasar yang disesuaikan dengan segmentasi pasar dan berdasarkan tingkat strategis lokasi. Strategi promosi yang dilakukan menggunakan strategi word of mouth, direct marketing dan media sosial. Kopixel dapat menerapkan usahanya hingga saat ini karena dapat menerapkan aspek strategi bauran pemasaran serta terus melakukan inovasi-inovasi agar usahanya tersebut dapat berkembang dan bertahan.