LITERATUR REVIEW BRAND LOYALTY MELALUI BRAND COMMUNITY ONLINE

Penulis

  • Dhita Dhora Damayanti Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.24034/jimbis.v2i2.5988

Kata Kunci:

brand loyalty, community online, brand community

Abstrak

Brand loyalty merupakan salah satu kunci dari sebuah brand dapat bertahan di persaingan pasar. Tujuan studi ini adalah untuk menjelaskan pengembangan permodelan brand loyalty yang dikembangkan melalui brand community online melalui tinjau literatur. Metode yang digunakan dalam paper ini adalah dengan literatur review di mana meninjau artikel-artikel yang terkait dengan brand loyalty yang dibentuk melalui brand community online yang diterbitkan di Emerald selama tahun 2018 sampai dengan 2022. Melalui tinajuan dari beberapa literatur, hasil yang di dapatkan adalah brand loyalty memang dibentuk dari banyak hal, namun brand community online adalah pendekatan untuk pembentuk brand loyalty yang berorientasi pada pelanggan. Selain itu, permodelan yang menunjukkan hubungan antara brand community dan customer engagement sebagai variabel mediasi pada brand loyalty dapat dikatakan memiliki hubungan dan pengaruh yang positif. Melalui studi literatur ini diharapkan terbentuknya suatu model alternatif yang menjelaskan hubungan antara brand community online, customer engagement dan brand loyalty yang diharapkan dapat diaplikasikan pada beberapa brand yang ingin meningkatkan nilai brand loyalty mereka melalui pendekatan pelanggan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-19

Terbitan

Bagian

Articles