PERAN JOB CRAFTING PADA KARYAWAN GENERASI MILENIAL

Penulis

  • Annisa Alfa Setyawan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Roselina Artati Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/jimbis.v2i1.5773

Kata Kunci:

Empowering Leadership, Job Crafting, Objective Career Success

Abstrak

Penelitian ini bertujuan adalah menguji peran mediasi pada variabel job crafting pada generasi milenial. Karyawan generasi milenial di Surabaya menjadi populasi dalam penelitian ini, total 130 karyawan. Menggunakan generasi milenial sebagai sampel dalam penelitian karena generasi milenial memiliki peran besar terkait kreativitas dan memberi sumbangsih ide untuk kemajuan organisasi. Pengambilan sampel menggunakan metode incidental sampling, yaitu sampel yang akan diambil merupakan kebetulan. Data diolah menggunakan SEM-PLS dengan software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan empowering leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap job crafting, dan job crafting berpengaruh terhadap objective career success. Selanjutnya, empowering leadership berpengaruh terhadap objective career success. Sehingga job crafting berperan sebagai partial mediation pada pengaruh empowering leadership terhadap objective career success. Ini menunjukkan jika kegiatan crafting dalam perusahaan dapat tercipta agar karyawan mampu menemukan kesuksesan karir dalam dunia kerja. Dengan harapan generasi milenial mampu melakukan crafting setiap menjalankan pekerjaannya di bidang apapun itu. Kegiatan crafting perlu dilakukan di semua divisi agar perusahaan mampu mengikuti tuntutan jaman.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-28

Terbitan

Bagian

Articles