PERAN JOB CRAFTING PADA KARYAWAN GENERASI MILENIAL
DOI:
https://doi.org/10.24034/jimbis.v2i1.5773Kata Kunci:
Empowering Leadership, Job Crafting, Objective Career SuccessAbstrak
Penelitian ini bertujuan adalah menguji peran mediasi pada variabel job crafting pada generasi milenial. Karyawan generasi milenial di Surabaya menjadi populasi dalam penelitian ini, total 130 karyawan. Menggunakan generasi milenial sebagai sampel dalam penelitian karena generasi milenial memiliki peran besar terkait kreativitas dan memberi sumbangsih ide untuk kemajuan organisasi. Pengambilan sampel menggunakan metode incidental sampling, yaitu sampel yang akan diambil merupakan kebetulan. Data diolah menggunakan SEM-PLS dengan software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan empowering leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap job crafting, dan job crafting berpengaruh terhadap objective career success. Selanjutnya, empowering leadership berpengaruh terhadap objective career success. Sehingga job crafting berperan sebagai partial mediation pada pengaruh empowering leadership terhadap objective career success. Ini menunjukkan jika kegiatan crafting dalam perusahaan dapat tercipta agar karyawan mampu menemukan kesuksesan karir dalam dunia kerja. Dengan harapan generasi milenial mampu melakukan crafting setiap menjalankan pekerjaannya di bidang apapun itu. Kegiatan crafting perlu dilakukan di semua divisi agar perusahaan mampu mengikuti tuntutan jaman.