PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI UMS
DOI:
https://doi.org/10.24034/jimbis.v2i1.5767Kata Kunci:
service quality, promotion, choosing decisionsAbstrak
Kualitas pelayanan dan promosi merupakan dua dari beberapa faktor yang mempengaruhi terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah. Untuk membuktikan adanya pengaruh dari keduanya, maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan yaitu untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan dan promosi secara bersamaan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di Universitas Medika Suherman. Penelitian ini dilakukan di kampus Universitas Medika Suherman dengan menetapkan responden yaitu mahasiswa aktif menggunakan metode non-probability dengan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah multivariate dengan korelasi atau regresi berganda, serta jumlah anggota sampel pada penelitian ini diambil 30 kali dari jumlah variabel yang diteliti yakni 90 orang responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner melalui googleform. Penelitian ini menghasilkan temuan diantaranya yaitu: Kualitas pelayanan dan promosi mempengaruhi sebesar 69,8% terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di Universitas Medika Suherman. Berdasarkan hasil temuan dari penelitian tersebut, maka disarankan agar UMS memperbaiki dan juga meningkatkan kualitas pelayanan dan promosi.