PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, LINGKUNGAN KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.24034/jimbis.v2i1.5717Kata Kunci:
kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja, motivasi kerja, kinerja guruAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Kecamatan Sirampog. Penelitian ini dilakukan pada guru SMK di Kecamatan Sirampog. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan cara menyebar kuesioner kepada para responden dengan 47 pertanyaan yang harus dijawab oleh responden. Kuesioner dibagikan kepada responden yang merupakan guru SMK di Kecamatan Sirampog. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 107 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan metode stratified random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS V.22. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMK di Kecamatan Sirampog, hal ini menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki peran penting dalam kinerja para pendidik, (2) lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMK di Kecamatan Sirampog, hal ini dapat memperkuat argumen tentang kinerja guru yang ditentukan oleh banyak faktor dan diantaranya adalah lingkungan kerja, dan (3) motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMK di Kecamatan Sirampog, hal ini menunjukkan bahwa motivasi kerja yang tinggi akan meningkatkan kinerja demi kemajuan organisasinya.