PEMASARAN PRODUK E-CHANNEL DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA BANK JATIM KARANGGENENG LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i3.5487Kata Kunci:
Strategi, Pemasaran, E-ChannelAbstrak
Persaingan bisnis perbankan yang semakin ketat telah mendorong instansi bank untuk semaksimal mungkin dalam memberi pelayanan prima melebih harapan nasabah. Produk E-Channel merupakan produk layanan berbasis media elektronik. E-Channel hadir dengan tujuan meminimalisir transaksi secara tatap muka sesuai kebijakan pemerintah negara Indonesia terkait dengan pembatasan sosial selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk E-Channel pada masa pandemi di Bank Jatim Kantor Cabang Pembantu Karanggeneng Lamongan. Pendekatan penelitian secara deskriptif kualitatif dengan beberapa metode dalam penghimpunan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa produk E-Channel yang dimiliki oleh Bank Jatim Kantor Cabang Pembantu Karanggeneng Lamongan yaitu ATM, Mobile Banking, SMS Banking, Internet Banking, Kartu Flazz Bank Jatim, Kartu PNS Elektronik, E-Samsat Jatim, Bank Jatim Virtual Account. Strategi pemasaran produk E-Channel pada masa pandemi adalah dengan pemasaran melalui sosial media, melakukan edukasi dan sosialisasi produk melalui live zoom meeting, pertemuan secara langsung dengan nasabah, melakukan simulasi layanan atau roleplay secara rutin. Penerapan strategi pemasaran berdampak pada peningkatan jumlah pengguna E-channel Bank Jatim di masa pandemi Covid-19.