PENGARUH LOVE OF MONEY, MACHIAVELLIAN, RELIGIUSITAS DAN IDEALISME TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI

Penulis

  • Febri Delmi Yetti Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, UIN Suska Riau
  • Erwinda Mawarni Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, UIN Suska Riau
  • Jasmina Syafei Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i2.5371

Kata Kunci:

persepsi etis mahasiswa akuntansi, love of money, machiavellian, religiusitas, idealisme

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh love of money, machiavellian, religiusitas dan idealisme terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari responden melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau angkatan 2018. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan menentukan jumlah berdasarkan rumus Yamane sehingga terdapat sebanyak 117 mahasiswa. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linier berganda. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel love of money dan machiavellian berpengaruh signifikan sedangkan variabel religiusitas dan idealisme tidak berpengaruh. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa variabel love of money, machiavellian, religiusitas dan idealisme memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Variabel independen dapat menjelaskan Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi sebesar 26,1%, sedangkan sisanya sebesar 73,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-30

Terbitan

Bagian

Articles