RECENCY BIAS DAN CONFIRMATION BIAS PADA KEPUTUSAN INVESTASI INVESTOR PASAR MODAL INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i2.5366Kata Kunci:
Recency bias, confirmation bias, keputusan investasiAbstrak
Perkembangan pasar saham dan investasi saham sering diamati oleh para investor terutama yang akan menginvestasikan dananya pada suatu perusahaan. Dengan semakin mudahnya berinvestasi di pasar modal dan semakin mudahnya memperoleh informasi maka minat investor di Indonesia akan meningkat. Penelitian ini menguji pengaruh resensi bias dan bias konfirmasi terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Investor di Pasar Modal. Sampel terdiri dari 150 individu investor pasar modal Indonesia dengan ciri-ciri sebagai investor aktif minimal 1 tahun di pasar modal, usia minimal 17 tahun yang berkewarganegaraan Indonesia dan sebagai anggota perusahaan efek. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan metode non probability sampling dan purposive sampling. Analisis menggunakan Structural Equating Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) dan pengumpulan data survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa recency bias dan confirmation bias mempengaruhi pengambilan keputusan investasi investor. Studi ini menambah pengetahuan tentang perilaku keuangan dengan berkonsentrasi pada faktor psikologis dalam analisis manajemen keuangan, khususnya dalam keputusan investasi. Studi ini dapat membantu investor individu lebih memahami efek negatif dari bias perilaku dan nilai pengumpulan informasi ketika berhadapan dengan perilaku irasional.