PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI, BEBAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN
DOI:
https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i3.5361Kata Kunci:
komunikasi organisasi, beban kerja, kompensasi, kepuasan kerja karyawanAbstrak
Sumber daya manusia adalah aset penting yang harus dimiliki suatu organisasi agar dapat berjalan dengan semestinya dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan, untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan harus menjaga kepuasan kerja karyawan karena berkaitan erat dengan kualitas hidup karyawan maupun organisasi dengan melihat kehidupan karyawan yang banyak dihabiskan dilingkungan kerja selain itu komunikasi organisasi, beban kerja dan kompensasi dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi organisasi, beban kerja, dan kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan di PT. Perkebunan Nusantara IX Kaligua. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Perkebunan Nusantara IX Kaligua. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan cara menyebar kuisioner kepada para responden. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 167 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan metode simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS V.22. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa komunikasi organisasi, beban kerja dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan di PT. Perkebunan Nusantara IX Kaligua.