ETIKA PUBLIKASI

JIAKu (Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan) diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya yang terbit pertama kali pada bulan April tahun 2021, berkiprah dalam bidang akuntansi dan keuangan. JIAKu diterbitkan empat kali dalam setahun, yaitu setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel yang dipublikasikan dalam JIAKu dapat berupa Artikel Penelitian maupun artikel konseptual (Non penelitian).

 

Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal JIAKu yaitu pengelola, editor bagian, reviewer dan penulis (author). Inti kode etik publikasi ilmiah mencakup tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu:

  1. Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi
  2. Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang
  3. Kejujuran, yakni bebas dari plagiarisme dalam publikasi.

 

Tanggung Jawab Penerbit

  1. Penerbit Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan (JIAKu) bertanggungjawab menerbitkan naskah yang setelah melalui proses  editing, penelaahan, dan layout sesuai dengan  aturan penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Penerbit Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan (JIAKu) bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan Mitra bebestari dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Penerbit Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan (JIAKu) bertanggungjawab menjaga privasi dan kebebasan editorial.

                            

Tanggung Jawab Editor

  1. Editor Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan (JIAKu) bertanggungjawab dalam memutuskan naskah yang layak dipublikasikan melalui sistem OJS yang mengacu pada kebijakan editorial bagian. Sementara untuk mendeteksi plagiarisme, dipercayakan kepada kepada Lembaga Pusat Data Elektronik (LPDE) STIESIA.
  2. Dalam proses penelaahan dan penerimaan naskah, team editor berasaskan pada asas kesamaan perilaku dalam pengambilan keputusan untuk mempublikasikan naskah dengan tidak membedakan rass, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan atau ideoligi politik dari penulis.
  3. Editorial dan tim editor tidak akan memberitahukan kepada penulis tentang siapa yang menelaah kelayakan terbit dan sebaliknya nya (blind review).
  4. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan digunakan oleh peneliti editor untuk kepentingannya sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

 

Tanggung Jawab Reviewer

  1. Reviewer membantu editor bagian dalam membuat keputusan editorial terhadap artikel yang masuk.
  2. Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi artikel yang ditelaahnya.
  3. Telaah artikel dilakukan secara blind review dan obyektif dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  4. Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi artikel yang ditelaahnya.
  5. Reviewer harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari artikel yang ditelaahnya untuk kepentingan sendiri,

 

 

Tanggung Jawab Editor Bagian

  1. Editor bagian bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, atas artikel yang ditelaahnya setelah adanya saran atau masukan dari reviewer.
  2. Editor bagian bertanggungjawanb untuk mengoreksi apakah yang disarankan oleh reviewer sudah dikerjakan.
  3. Editor bagian bertanggungjawab untuk mengoreksi artikel apakah sudah sesuai dengan kebijakan Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan (JIAKu).

 

Tanggunjawab Penulis

  1. Penulis menyajikan artikel penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
  2. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
  3. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
  4. Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
  5. Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi