DETERMINAN PEMAHAMAN SAK ETAP DI KOPERASI KABUPATEN JEPARA

Authors

  • Meila Dwineta Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
  • Fatchur Rohman Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara

DOI:

https://doi.org/10.24034/jiaku.v2i3.5964

Keywords:

Educational Background, Educational Level, Provision of Information and Outreach, Period of Work, SAK ETAP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh latar belakang pendidikan, jenjang pendidikan, pemberian informasi, dan sosialisasi, serta masa tugas pekerjaan terhadap pemahaman standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (SAK ETAP) di koperasi. Metode penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 88 anggota koperasi simpan pinjam di Kabupaten Jepara. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan, jenjang pendidikan, pemberian informasi, dan sosialisasi, serta masa tugas pekerjaan berpengaruh positif terhadap pemahaman SAK ETAP. Analisis regresi menunjukkan hubungan yang searah antara variabel-variabel tersebut dengan pemahaman SAK ETAP. Koefisien determinasi sebesar 0,474 mengindikasikan bahwa sekitar 47,4% variasi dalam pemahaman SAK ETAP dapat dijelaskan melalui regresi ini. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengelola koperasi dalam meningkatkan pemahaman tentang SAK ETAP dikalangan anggotanya, serta kontribusi pada peningkatan kinerja dan akuntabilitas keuangan koperasi. Diharapkan hasil ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan program pendidikan dan sosialisasi yang lebih efektif, sehingga memberikan manfaat yang lebih besar bagi koperasi dan anggotanya.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Dwineta, M., & Rohman, F. (2023). DETERMINAN PEMAHAMAN SAK ETAP DI KOPERASI KABUPATEN JEPARA. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan (JIAKu), 2(3), 224–241. https://doi.org/10.24034/jiaku.v2i3.5964

Issue

Section

Articles