PELATIHAN PEMASARAN ONLINE MELALUI E-COMMERCE GO-FOOD BAGI UMKM KAMPUNG TEMPE TENGGILIS KAUMAN SURABAYA

Penulis

  • Okto Aditya Suryawirawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Pontjo Bambang Mahargiono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Krido Eko Cahyono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Novianto Eko Nugroho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v1i2.5036

Kata Kunci:

kampung tempe, e-commerce, online, go-food

Abstrak

E-commerce di Indonesia memiliki potensi yang masih cukup besar untuk mengembangkan lebih jauh usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya Surabaya. Salah satu UMKM yang terdiri dari sekelompok pengrajin tempe, dikenal sebagai Kampung Tempe Tenggilis Kauman, merupakan mitra dengan potensi cukup besar, untuk dapat meningkatkan penjualan dan meraih keuntungan yang lebih besar, bila menerapkan e-commerce dalam mendukung kegiatan pemasaran yang mereka lakukan. Tujuan dari dilakukannya Kegiatan Pengabdian Masyarakat melalui Pelatihan Pemasaran melalui E-Commerce Go-Food terhadap Mitra Kampung Tempe Tenggilis Kauman adalah memberikan kesadaran akan pentingnya melakukan pemasaran secara online bagi UMKM khususnya Kampung Tempe Tenggilis Kauman. Selain dosen dari STIESIA selaku pelaksana kegiatan pengabdian masyaraat ini, penyuluhan yang dilakuan juga melibatan mitra yang memiliki peran penting dalam e-commerce yaitu Go-Jek. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pemasaran ini adalah 1) peningkatan pemahaman mitra terhadap pemasaran dasar dan pentingnya melakukan pemasaran khususnya secara online untuk memperluas pemasaran produk dan meningkatkan omset penjualan yang dihasilkan, 2) peningkatan kesadaran mitra terhadap informasi mengenai berbagai fitur yang bermanfaat secara langsung terhadap aktivitas pemasaran dan penjualan dari platform e-commerce Go-Jek seperti Go-Food dan Go-Pay serta informasi yang komprehensif terkait bagaimana mendaftarkan produk mereka pada aplikasi Go-Food dengan didampingi secara intensif oleh mitra dari Go-Jek.

Biografi Penulis

Pontjo Bambang Mahargiono, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya



Referensi

Abebe, M. (2014). Electronic commerce adoption, entrepreneurial orientation and small-and medium-sized enterprise (SME) performance. Journal of Small Business and Enterprise Development.

Ananta, Y. (2019). Baru 14% dari 58 Juta UMKM RI yang Masuk e-Commerce, Kenapa? CNBC Indonesia.https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190701123829-37-81831/baru-14-dari-58-juta-umkm-ri-yang-masuk-e-commerce-kenapa

Andri, Y. (2019). Permintaan Kedelai untuk Tahu & Tempe Berpeluang Naik. Bisnis Indonesia. https://ekonomi.bisnis.com/read/20190805/12/1132597/permintaan-kedelai-untuk-tahu-tempe-berpeluang-naik

Arief, A. M. (2019). Industri Tempe dan Tahu Siap Masuk Pasar Ekspor. Bisnis Indonesia. https://ekonomi.bisnis.com/read/20190405/257/908165/industri-tempe-dan-tahu-siap-masuk-pasar-ekspor

Badan Standarisasi Nasional. (2012). Tempe: Persembahan Indonesia untuk Dunia.

Chen, Q., & Zhang, N. (2015). Does e-commerce provide a sustained competitive advantage? An investigation of survival and sustainability in growth-oriented enterprises. Sustainability. 7(2): 1411–1428.

CNN Indonesia. (2019). Tren dan Peluang Industri E-Commerce di Indonesia 2020. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200205204206-206-472064/tren-dan-peluang-industri-e-commerce-di-indonesia-2020

Departemen Kesehatan RI. (1991). Daftar Komposisi Zat Gizi Pangan Indonesia.

Handayani, E., Ferdinand, A. T., & Sugiono, S. (2018). Analysis of Factors Affecting the Performance of Sme Exports in Central Java Through Export Marketing Strategies. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 16(2):103. https://doi.org/10.14710/jspi.v16i2.103-116

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., & Cahyandi, K. (2018). E-Commerce in Small and Medium Enterprises (SMEs) in order to Improve Performance. Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis, 4(2): 208–215.

Ibrahim, W., Turyakira, P., & Katumba, P. M. (2018). E-Commerce Adoption and Growth of SMEs in Uganda. International Journal of Business and Management, 14(1):46. https://doi.org/10.5539/ijbm.v14n1p46

Kunjana, G. (2018). 92% Kedelai Impor Diserap Industri Tempe. Investor Daily Indonesia. https://investor.id/archive/92-kedelai-impor-diserap-industri-tempe

Mingkid, G. S. (2017). Mengunjungi Sentra Perajin Tempe di Tenggilis Kauman. Detik News. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3606354/mengunjungi-sentra-perajin-tempe-di-tenggilis-kauman

Saridakis, G., Lai, Y., Mohammed, A.-M., & Hansen, J. M. (2018). Industry characteristics, stages of E-commerce communications, and entrepreneurs and SMEs revenue growth. Technological Forecasting and Social Change, 128: 56–66.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-01

Terbitan

Bagian

Artikel