KAMPUNG LITERASI KATEGORI PRATAMA RW I KELURAHAN GUBENG KECAMATAN GUBENG SURABAYA

Penulis

  • Yuliastuti Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Farida Idayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Anang Subardjo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v1i3.5108

Kata Kunci:

Pengabdian kepada masyarakat, program kp-kas ketegori pretama, laporan portofolio kp-kas 2-19

Abstrak

Sebagai perwujudan salah satu tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, maka Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya menugaskan dosen dan mahasiswanya untuk ikut membantu sebagai pendamping dalam pembuatan portofolio Kampung Pendidikan Kampunge Arek Suroboyo atau yang biasa disingkat dengan KP-KAS pada RW 01 Kelurahan Gubeng Kecamatan Gubeng Surabaya. Tujuan pendampingan adalah untuk membantu mengarahkan, menggali dan menghimpun potensi yang ada dari kampung agar dapat menyusun Laporan Portofolio KP-KAS 2019 yang diwakili oleh RT 09 dan RT 10 untuk kategori Pratama. Program dan mekanisme untuk kategori pratama terdiri dari Kampung Belajar, Kampung Sehat, Kampung Asuh, Kampung Aman dan Kampung Kreatif. Hasil yang dicapai dalam pendampingan ini  bahwa Tim RT 9 dan RT 10 RW 01 Kelurahan Gubeng Kecamatan Gubeng Surabaya  telah berhasil mengeksplorasi potensi dan keunggulan-keunggulan yang dimiliki dan berhasil menyusun Laporan Portofolio KP-KAS 2019 yang telah diserahkan ke Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau DP5A tepat waktu.

Referensi

Hanafiah U.I.M. dan F.A Doddy. (2017). Redefinisi Ruang Publik Pada Kampung Kreatif Pasundan. Studi Kasus: Koridor Tepian Sungai Cikapundung, RT 02 RW 04, Kelurahan Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Jurnal IDEALOG Ide dan Dialog Indonesia, 2(2): 124-137.

Herminto. (2016). The Effectiveness of Imple-mentation School-Based Management in the Central Highlands of Papua Indonesia. International Kournal of Education and Research, 4 (10): 291-304.

Hulukati W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Musawa, 7(2): 265-282.

Nazaruddin A.F. (2017). Pertimbangan Berhuni Pada Permukiman Kampung di Malang. Jurnal RUAS, 15 (2): 1-12.

Saraswati T.W., S.N Sabatini., D. Rachmaniatus, T.M.S. Kasman. (2016). Identifikasi Kampung Kreatif Sebagai Strategi Kota Tangguh. Prosiding Temu Ilmiah IPLBI, 15-20.

Widjajanti W.W. (2013). Menciptakan Kampung Kota Sebagai Hunian Yang Ramah Dalam Konteks Urban di Surabaya. Studi Kasus: Kampung Kota di Kawasan Tunjungan dan Sekitarnya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel