PELATIHAN ETIKA BISNIS DAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE DI KELURAHAN MENUR PUMPUNGAN SURABAYA

Penulis

  • Yayah Atmajawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Sasi Agustin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Bambang Hadi Santoso Dwidjosumarno Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Achmad Djuraidi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i3.6856

Kata Kunci:

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pelatihan etika bisnis, strategi pemasaran online

Abstrak

Potensi ekonomi masyarakat di wilayah Kelurahan Menur Pumpungan Kecamatan Sukolilo Surabaya harus terus digali untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang optimal. Upaya peningkatan perekonomian masyarakat dilakukan dengan fokus pada usaha-usaha ekonomi kreatif yang terus berkembang. Tujuan dari kegiatan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan semangat untuk pengembangan dan kesinambungan dan meningkatkan daya inovasi dan kreativitas para pelaku UMKM MARINDA RW 06 Kelurahan Menur Pumpungan Surabaya. Mitra usaha yakni para pelaku UMKM Marinda RW 06 Kelurahan Menur Pumpungan Surabaya yang terdiri dari pengusaha makanan dan handicraft. Tim STIESIA memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM Marinda RW 06 Kelurahan Menur Pumpungan Surabaya mengenai pemasaran digital yang diharapkan mampu mendongkrak penjualan produk kuliner dari UMKM di tengah melesatnya penggunaan internet dan aplikasi online. Tim STIESIA juga memberikan sosialisasi mengenai penerapan etika bisnis pada konsumen, pesaing, pemasok, pemerintah dan masyarakat bagi para pelaku UMKM Marinda RW 06 Surabaya. Tim STIESIA melakukan monev (monitoring evaluation) secara berkala untuk mengetahui kegiatan yang sudah dilakukan memberikan dampak langsung terhadap kemajuan UMKM MARINDA RW 06 Kelurahan Menur Pumpungan Surabaya.

Referensi

Brooks, Leonard J. dan Dunn, Paul (2011). Etika Bisnis & Profesi Untuk Direktur, Eksekutif dan Akuntan, Buku 2, Edisi 5. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Fahmi, Irham (2013). Etika Bisnis – Teori, Kasus dan Solusi. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Hendro, Tri (2017). Etika Bisnis Modern – Pendekatan Pemangku Kepentingan dan Teknologi Informasi. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary (2008). Principles of Marketing (Edition 12), Pearson Education, Inc., Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Utomo, S. B., Suprihhadi, H., dan Dewi, M. A. (2022). Pelatihan Pengembangan Paguyuban UMKM Bertransformasi Menjadi Digitalisasi Koperasi Produsen di Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 2(1): 298-304.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel