TELAAH KRITIS DAN KONSTRUKTIF TERHADAP BEBERAPA PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN

Akhmad Riduwan

Sari

Sebagai pedoman dalam pengukuran, pencatatan, pelaporan dan pengungkapan informasi keuangan perusahaan kepada pihak eksternal, Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) harus memuat ketentuan-ketentuan yang tegas dengan memberikan penjelasan yang cukup. Ketentuan yang tegas dimaksudkan agar para pengguna/pembaca PSAK tidak dihadapkan pada ketentuan tentang perlakuan akuntansi  yang   kadang­kadang berbeda untuk peristiwa atau transaksi yang sama; sedangkan penje/asan yang cukup dimaksudkan agar penggunalpembaca PSAK memahami latar belakang atau a/asan, baik konseptual maupun praktis, mengenai ditetapkannya ketentuan  tersebut. llustrasi penerapan standar akuntansi untuk hat-hal yang  baru (karena perkembangan  dunia bisnis), yang sebelumnya be/um pernah ada, juga perlu  diberikan.  Demikian pula, agar tidak membingungkan pengguna !pembaca dalam memahami setiap ketentuan dan penjeiasan yang diberikan, PSAK juga harus  menggunakan istilah-istilah (terminologi) teknis akuntansi secara konsisten. Konsistensi terminologi yang dimaksud adalah penggunaan istilah yang sama untuk menjelaskan masalah/hal yang sama.

Artikel ini mengemukakan telaah secara kritis dan konstruktif beberapa PSAK yang masih memuat ketentuan perlakuan akuntansi yang belum jelas, mendua (saling bertentangan) dan menggunakan termonilogi teknis akuntansi yang  tidak konsisten.

Kata Kunci

PSAK; Ketentuan Perlakuan Akuntansi; Terminologi Akuntansi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

American Institute of Certified Public Accountants. 1970. Opinions of the Accounting Principle Board No.16 "Business Combinations". New York.

Beams, Floyd A., clan Amir Abdi Jusuf. 2000. Akuntansi Keuangan Lanjutan di Indonesia. Buku Satu clan Buku 2. Edisi Revisi. Salemba Empat. Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 1999. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

Suwardjono. 1992. Gagasan Pengembangan Profesi dan Pendidikan Akuntansi di Indonesia (Kumpulan Artikel) . Eclisi Pertama Cetakan Pertama BPFE. Yogyakarta. DOD

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.