PENGARUH AKTIVITAS PEMASARAN, KINERJA KEUANGAN, DAN ASET TIDAK BERWUJUD TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Muhammad Teguh Akbar Kombih, Novrys Suhardianto

Sari


Industri barang konsumen berfokus pada kebutuhan sehari-hari konsumen, yang menyebabkan tingkat kompetisi antar perusahaan dalam industri ini menjadi lebih tinggi. Oleh sebab itu, perusahaan harus meningkatkan modal merek melalui kegiatan pemasaran secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas pemasaran terhadap nilai perusahaan sebagai tambahan dari ukuran akuntansi fundamental. Penelitian ini berhipotesis bahwa aktivitas pemasaran, profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, dan aset tidak berwujud menentukan nilai perusahaan yang diukur dengan Tobins’ q. Sampel yang digunakan adalah perusahaan barang konsumen diperoleh dari bursa efek Indonesia selama periode 2012-2014. Penelitian ini menggunakan analisis regresi dan analisis data panel untuk mengevaluasi beberapa model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran, profitabilitas, dan solvabilitas akan meningkatkan nilai perusahaan. Di sisi lain, likuiditas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, namun demikian, aset tidak berwujud tidak berkontribusi dalam membentuk nilai perusahaan dalam beberapa model yang diuji. Hasil penelitian mengimplikasikan bahwa aktivitas pemasaran memiliki manfaat ekonomi dalam menciptakan nilai perusahaan kendati selalu dibebankan pada saat terjadi.


Kata Kunci


aktivitas pemasaran; aset tidak berwujud; fundamental akuntansi; nilai perusahaan; industri kompetitif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adnyana, I. G. dan I. B. Badjra. 2014. Pe- ngaruh Likuiditas, Manajemen Aktiva, EPS, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 3(12): 3703-3724.

Allazy, M. R. 2013. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Likuiditas, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie 1(02): 2-3.

Ammann, M., D. Oesch, dan M. M. Schmid. 2011. Corporate Governance and Firm Value: International Evidence. Journal of Empirical Finance 18(1): 36-55.

Anjum, B., S. K. Dhanda, dan S. Nagra. 2012. Impact of Celebrity Endorsed Advertisements on Consumers. Asia Pacific Journal of Marketing & Manage- ment Review 1(2): 22-33.

Biddle, G. C. dan G. Hilary. 2006. Accounting Quality and Firm-Level Capital Investment. The Accounting Review 81(5): 963-982.

Chauvin, K. W. dan M. Hirschey. 1993. Advertising, R&D Expenditures and The Market Value of The Firm. Financial Management 22(4): 128-140.

Chen, M.C., S.J. Cheng, dan Ogun Y. Hwang. 2005. An Empirical Investigation of The Relationship Between Intellectual Capital and Firms’ Market Value and Financial Performance. Journal of Intellectual Capital 6(2): 159-176.

Christensen, H. B. dan V. V. Nikolaev. 2013. Does Fair Value Accounting For Non-Financial Assets Pass The Market Test? Review of Accounting Studies 18(3): 734-775.

Chung, K. H. dan S. W. Pruitt. 1994. A Simple Approximation Of Tobin's Q. Financial Management: 70-74.

Ciawi, A., dan S. E. Hatane. 2015. Pengaruh Marketing Activity Terhadap Return On Asset dan Market To Book Value Perusahaan Di Sektor Industri Keuangan Non-Bank. Business Accounting Review 3(1): 156-167.

Dechow, P. M. dan D. J. Skinner. 2000. Earnings Management: Reconciling The Views of Accounting Academics, Practi-tioners, and Regulators. Accounting Horizons 14(2): 235-250.

Edeling, A. dan M. Fischer. 2016. Marketing’s Impact On Firm Value: Generalizations From A MetaAnalysis. Journal of Marketing Research 53(4): 515-534.

Eisfeldt, A. L. dan D. Papanikolaou. 2014. The Value and Ownership of Intangible Capital. The American Economic Review 104(5): 189-194.

Gardberg, N. A. dan C. J. Fombrun. 2006. Corporate Citizenship: Creating Intangible Assets Across Institutional Environments. Academy of Management Review 31(2): 329-346.

Gow, I. D., G. Ormazabal, dan D. J. Taylor. 2010. Correcting for Cross‐Sectional and Time‐Series Dependence in Accounting Research. The Accounting Review 85(2): 483-512.

Grewal, D., G. R. Iyer, W. A. Kamakura, A. Mehrotra, dan A. Sharma. 2009. Evaluation of Subsidiary Marketing Performance: Combining Process and Outcome Performance Metrics. Journal of the Academy of Marketing Science 37(2): 117-129.

Gurun, U. G. dan A. W. Butler. 2012. Don't Believe The Hype: Local Media Slant, Local Advertising, and Firm Value. The Journal of Finance 67(2): 561-598.

Hall, R. 1992. The Strategic Analysis of Intangible Resources. Strategic Manage- ment Journal 13(2): 135-144.

Hardiyanti, N. 2012. Analisis Pengaruh Insider Ownership, Leverage, Profitabilitas, Firm Size dan Dividen Payout Ratio Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2007-2010). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Hermuningsih, S. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik Di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan 16(2): 127-148.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2016. Standar Akuntansi Keuangan Per Efektif 1 Januari 2017. Ikatan Akuntan Indonesia. Jakarta

Irawan, D. T., dan S. E. Hatane. 2015. Pengaruh Kegiatan Marketing Terhadap Profitabilitas dan Nilai Pasar Di Perusahaan Perbankan. Business Accounting Review 3(1): 112-122.

Jo, H., dan M. A. Harjoto. 2011. Corporate Governance and Firm Value: The Impact of Corporate Social Responsibility. Journal of Business Ethics 103(3): 351-383.

Kanagal, N. 2009. Role of Relationship Marketing In Competitive Marketing Strategy. Journal of Management and Marketing Research 2(Mei): 1-17.

Kementerian Perindustrian Indonesia. 2014. Manufaktur Ditopang Sektor Barang Konsumsi. http://www.kemenperin.go.id/ artikel/7014/Manufaktur-Ditopang-Sektor-Barang-Konsumsi. Diakses tanggal 2 Februari 2016.

Kim, Y. dan J. Joo. 2013. The Moderating Effect of Product Market Competition In The Relationship between Advertising Expenditures and Sales. Journal of Applied Business Research 29(4): 1061-1076.

Kotler, P. dan G. Armstrong. 2014. Principles of Marketing. 15th ed. Pearson Education. England

Liang, L. dan E. J. Riedl. 2013. The Effect of Fair Value Versus Historical Cost Reporting Model On Analyst Forecast Accuracy. The Accounting Review 89(3): 1151-1177.

Mahendra Dj, A., L. G. S. Artini, dan A. A. G. Suarjaya. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan 6(2): 130-138.

Morgan, N. A. 2012. Marketing and Busi- ness Performance. Journal of the Academy of Marketing Science 40(1): 102-119.

Morris, R. D. 1987. Signalling, Agency Theory and Accounting Policy Choice. Accounting and Business Research 18(69): 47-56.

Nielsen. 2015. Belanja Iklan Naik 6% di Kuartal Kedua 2015. http://www.nielsen. com/id/en/press-room/2015/Belanja-Iklan-Naik-6-persen-di-Kuartal-Kedua-2015.html. Diakses tanggal 30 Desember 2015.

Nini, G., D. C. Smith, dan A. Sufi. 2012. Creditor Control Rights, Corporate Governance, and Firm Value. The Review of Financial Studies 25(6): 1713-1761.

Nurhayati, M. 2013. Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan Sektor Non Jasa. Jurnal Keuangan dan Bisnis 5(2): 144-153.

Ogunsiji, A. S. 2012. The Impact of Celebrity Endorsement On Strategic Brand Management. International Journal of Business and Social Science 3(6): 141-146.

Petersen, M. A. 2009. Estimating Standard Errors In Finance Panel Data Sets: Comparing Approaches. Review of Financial Studies 22(1): 435-480.

Png, I. P. 2017. Law and Innovation: Evidence From State Trade Secrets Laws. Review of Economics and Statistics 99(1): 167-179.

Putra, R. A. dan J. Herawati. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahan (Studi Pada Perusahaan Asuransi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 2(2): 1-18.

Rompas, G. P. 2013. Likuiditas Solvabilitas dan Rentabilitas Terhadap Nilai Per- usahaan BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1(3): 252-262.

Ruan, W., G. Tian, dan S. Ma. 2011. Managerial Ownership, Capital Structure and Firm Value: Evidence From China's Civilian-Run Firms. Australasian Accounting Business & Finance Journal 5(3): 73-92.

Sari, N. M. Y. D. P. dan M. Chabachib. 2013. Analisis Pengaruh Leverage, Efektivitas Aset dan Sales Terhadap Profitabilitas serta Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Di Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2007-2011). Diponegoro Journal of Management 2(3): 188-200.

Serenia, S., dan S. E. Hatane. 2015. Pengaruh Kegiatan Marketing terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Properti dan Real Estate di BEI. Business Accounting Review 3(1): 268-279.

Setijawan, I. 2011. Pengaruh Aset Tidak Berwujud Terhadap Nilai Perusahaan. Aset 13(2): 139-154.

Sidhu, B. K. dan J. H. Roberts. 2008. The Marketing Accounting Interface Lessons and Limitations. Journal of Market- ing Management 24(7-8): 669-686.

Soraya, L. dan M. Syafruddin. 2013. Pengaruh Nilai Aset Tidak Berwujud dan Penelitian dan Pengembangan Terhadap Nilai Pasar Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2010). Diponegoro Journal of Accounting 2(2): 1-9.

Srinivasan, S. dan D. M. Hanssens. 2009. Marketing and Firm Value: Metrics, Methods, Findings, and Future Directions. Journal of Marketing Research 46(3): 293-312.

Srivastava, A. 2014. Why Have Measures of Earnings Quality Changed Over Time? Journal of Accounting and Economics 57(2): 196-217.

Teece, D. J. 1998. Capturing Value From Knowledge Assets: The New Economy, Markets For Know-How, and Intangible Assets. California Management Review 40(3): 55-79.

Trisnajuna, M. dan E. A. Sisdyani. 2015. Pengaruh Aset Tidak Berwujud dan Biaya Penelitian dan Pengembangan Terhadap Nilai Pasar dan Kinerja Keuangan Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi 13(3): 888-915.

Vomberg, A. C. Homburg, dan T. Bornemann. 2015. Talented People and Strong Brands: The Contribution of Human Capital and Brand Equity to Firm Value. Strategic Management Journal 36(13): 2122-2131.

Wahyuni, T., E. Ernawati, dan W. R. Murhadi. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Di Sektor Property, Real Estate & Building Construction yang Terdaftar Di BEI Periode 2008-2012. CALYPTRA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 2(1): 1-18.

Widhiastuti, N. L. P. dan M. Y. Latrini. 2015. Pengaruh Return On Asset dan Intangible Asset terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi 11(2): 370-383.

Wijaya, I. B. N. P. dan N. K. Purnawati. 2014. Pengaruh Likuiditas Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Dimoderasi Oleh Kebijakan Dividen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 3(12): 3768-3780.




DOI: http://dx.doi.org/10.24034/j25485024.y2017.v1.i3.1909

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.