MENYONGSONG GLOBALISASI EKONOMI INDONESIA TAHUN 2003 MELALUI PENINGKATAN PENDIDIKAN PROFESI AKUNTAN PUBLIK

Sutjipto Ngumar

Sari

Perkembangan dan pertumbuhan badan usaha pemerintah, swasta dan koperasi, akan meningkatkan kebutuhan akuntan sebagai penyusun dan pemeriksa Laporan Keuangan, untuk keperluan stakeholder. Hal tersebut menyebabkan berkembangnya profesi akuntan, terutama profesi akuntan publik. Pendidikan Akuntansi Di Indonesia telah dilaksanakan di Indonesia dengan diberlakukannya Undang Undang No.34 Tahun 1954. Dengan perkembangan ekonomi dan globalisasi ekonomi, pendidikan akuntansi ditingkatkan secara vertikal dan horisontal. Bagi lulusan sarjana ekonomi jurusan akuntansi, ada dua pilihan pendidikan. Bagi lulusan (S1) yang memilih jalur akademik tanpa melalui pendidikan profesi dapat menempuh pendidikan akuntansi S2 dan S3. Bagi lulusan S1 yang memilih jalur profesional untuk mendapat sebutan “Akuntan” dapat memilih pendidikan profesi pada PTN dan PTS yang telah memenuhi syarat untuk membuka pendidikan profesional.

Kata Kunci

Akuntan Publik; Pendidikan Profesi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

J.B. Sumarlin, “ Profesionalisme dan Daya Saing Akuntan Indonesia memasuki Era AFTA 2003 & APEC 2020 ”, Paper, Seminar F.E. U.I. Jakarta 1997.

Kartomo Wiryobroto, “ Ujian Sertifikasi Akuntan Publik di Indonesia “, Paper, Seminar IAI – SAP Komda Jatim Surabaya 1 September 1997.

Robert K. Elliot, “ Accounting Education and Research at the Crossroad “. Issue in Accounting Education.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.